Senin, 13 Juli 2020

Roh Kudus memimpin dalam kebenaran

Roh Kudus memimpin dalam kebenaran

Bacaan :Amsal 8 : 1-4,22-31
               Roma 5 : 1-5
               Yohanes 16 : 12-15 ( Bahan Utama )

Tujuan : Jemaat memahami bahwa Roh Kuduslah yang memimpin dalam kebenaran sejati dan jemaat makin nmnyerahkan diri dipimpin oleh Roh Kudus.


Saudara-saudaraku yang dikasihi Tuhan,
Yang baik belum tentu benar, tetapi yang benar sudah pasti baik. Fenomena yang sering terjadi  disekitar kita secara manusia, ada orang yang selalu merasa benar, selalu merasa lebih benar, atau merasa paling benar. Padahal belum tentu apa yang ia katakana itu benar.
Atau juga, pertengkaran,pertikaian bahkan perselisihan terjadi kadang kala karena masing-masing pihak merasa yang paling benar dan pihak lawan selalu salah. Orang sulit menerima oendapat orang lain karena merasa paling benar dan orang lain salah.  Ada juga orang sombong yang akan selalu merasa pendapatnyalah yang paling benar, orang lain tidak benar dan akan dipandang rendah. Lantas sebagai umat yang percaya kepada Kristus bagaimana kita dapat mengetahui kebenaran yang sejati itu ? dimanakah letak kebenaran yang sejati itu ?

Saudara-saudaraku yang dikasihi Tuhan,
Melalui keempat perikob bacaan kita malam hari ini dalam tema “Roh Kudus memimpin dalam kebenaran”. Pada minggu yang lalu kita memperingati hari turunya Roh Kudus sebagaimana janji Kristus kepada umat manusia, Roh Kudus adalah Roh Alllah yang sampai hari ini terus berkarya dalam kehidupan saya dan saudara-saudara.  Didalam kitab mazmur  dikatakan Roh itulah yang menuntun setiap manusia berdosa untuk melihat kemuliaan Allah, sehingga Roh itu juga yang akan membuat manusia menyadari betapa dirinya adalah orang yang tak bernilai dihadapan Allah. Kemuliaan Allah dalam kitab mazmur sendiri itu digambarkan melalui seluruh alam ciptaanNya, sehingga ketika pemazmur menengok kepada dirinya sendiri, dia merasa kecil dan lemah dihadapan Allah, kemuliaan Allah mendorong manusia untuk selalu dapat bersikap rendash hati atau tidak sombong.
Didalam kitab Amsal sendiri dikatakan bahwa ikmat adalah perkataan Allah yang telah menciptakan bumi dan segala isinya serta yang mengatur hidup manusia ditengah-tengah dunia ini.hikmat itu adalah Firman Allah, dimana melalui firman itu orang percaya dapat berpedoman melalui melalui Firman itu. Allah berkata-kata melalui FirmanNya disegala tempat, hal ini mmenadakan bahwa tidak ada satu tempatpun tanpa kehadiran Allah yang menjadi bukti nyata bahwa Allah selalu beserta kita disepanjang hidup kita.
Dalam kitab Roma Paulus menuliskan bahwa kita patut bersukacita karena didalam Kristus kita telah diperdamaikan dengan Allah, dari musuh kita menjadi sahabat Allah, inilah wujud  nyata pembenaran Allah didalam Yesus Kristus, karena ada dalam hubungan damai dengan Alllah maka kita dimungkinkan bersukacita bahkan ditengah-tengah kesulitan dan penderitaan hidup seberat apapun. Saat kita menjadi milik Kristus sesungguhnya saat itu juga kita sedang bertumbuh didalam Kristus, meski pergumulan dan pnderitaan dating silih berganti tidak akan merusak iman percaya kita, sebaliknya kan membuat kita semakin tahan uji dan berpengharapan kepada Allah dan melalui Roh Allah yang berdiam didalam kita, kita senantiasa bergantung kepada kuasa Allah. Melalui perantaraan Roh Kudus itulah Paulus dan rasul-rasul lainya diberikan jabatan rasul untuk dapat menuntun semua bangsa menjadi bangsa yang percaya dan taat kepada nama Yesus, Tuhan kita.
Didalam kitab Yohanes 16 kita dapat membayangkan bagaimana perasaan para murid-murid Yesus. Yesus memberi tahu mereka bahwa Ia akan pergi meninggalkan mereka. Lalu setlah itu mereka akan dibenci dan diburu oleh orang-orang yang membenci Yesus seolah-olah mereka adalah pelaku tindak kriminal, bahkan mereka tidak boleh menyebarluaskan berita tentang Yesus.
Tentu hal tersebut membuat mereka sedih sehingga kehilangan minat untuk untuk mengetahui kemana tujuan kepergian Yesus (5-6). Bahkan merekapun belum mengetahui apa fungsi kedatangan Roh Kudus bagi mereka. Oleh karena itu Yesus memberikan lebih banyak informasi menmgenagi makna kedatangan Roh Kudus bagi mereka. Yesus menyatakan bahwa Roh Kudus akan melakukan tiga jenis pelayanan saat ia dating : pertama Ia akan meyakinkan dunia (8-11), mengajar murid-murid(12-13), dan memuliakan Yesus (14-15). Sehingga dari sini jelaskah bahwa Yesus tidak pergi begitu saja menunggalkan mkurid-murid untuk melakukan tigas mereka sendirian. Tetapi Roh Kudus akan memperlengkapi mereka dan meberi mereka kuasa sehingga mereka dimampukan untuk melaksanakan mandate yang Tuhan anugerahkan bagi mereka yaitu memberitakan karya Keselamatan Allah melalui Yesus Kristus.

Saudara-saudaraku yang dikasihi Tuhan,
Kita yang percaya kada Yesus juga mendapat perintah yang sama untuk memberitakan Injil kepada dunia yan g tidak percaya.  Bayangkan kita harus memberitakan injil pada dunia yang membenci Kristus, Injil dan murid- muridNya, lalu bagaimana mungkin kita berharap agar orang dating kepada Yesus dalam iman ? sebenarnya sama seperti yang kita alami, yakni melalui pemberitaan firman Tuhan dan karya Roh Kudus, yang menjelaskan maksud Firman dalam kebenaran dan memanggiloranh-orang beriman kepada Kristus. Ketika kita menjadi saksi Kristus, Roh Kuduslah yang sesungguhnya bekerja meyakinkan orang berdosa mengenai kebenaranInjil.  Namun dalam hal ini kita sendiri tidak boleh gegabah dan memegahkan diri dalam kesombongan karena kemampuan kita, tetapi kita memerlukan hikmat Tuhan untuk memahami kebenaran sejati serta melaksanakan tugas mulai dari Allah. Sehingga perlu penyerahan diri yang seutuhnya untuk dipimpin oleh Roh Kudus dan bukan dipimpil oleh kehendak kita sendiri.

Saudara-saudaraku yang dikasihi Tuhan,
Roh Kudus akan memampukan kita, mengakui kesalahan kita sendiri jika memang kita bersalah, Roh Kudus juga akan membuat kita rendah hati untuk mengakui kebenaran pada pihak lain dan dengan tulus kita akui. Kebenaran itu asalnya dari Firman Tuhan, dan Roh Kudus menuntuk kita dengan hati terbuka untuk menemukan kebenaran firman Tuhan.
Semua orang tidak benar dihadapan Allah, tetapi menjadi benar karena dibenarkan oleh Allah. Datanglah kepada Yesus, percayalah kepadaNya melalui RohNya yang Kudus, dan oleh imanmu kepada Kristus engkau akan dibenarkan. Terpujilah Kristus. Amin





Tidak ada komentar:

Posting Komentar